When Fashion Meet Architecture

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah majalah fashion dan menemukan sesuatu yang menarik yaitu tentang report Jakarta Fashion Show 2014 kemarin. Ada salah satu designer fashion Indonesia yaitu Patrick Owen yang menampilkan Fashion Architecture. sebelum itu saya ingin membahas terlebih dahulu apa itu Fashion Architecture.

Fashion kini tidak lagi sekedar rancangan busana yang melekat pada tubuh. Dengan kreasi, ide, konsep dan kematangan teknik, fashion sudah menajdi sebuah adi karya. Inspirasi desain fashion pun bisa dari mana-mana tak terkecuali melalui arsitektur. Designer mencoba mengambil bentuk-bentuk estetika dan menerapkannya ke dalam sebuah busana.

18063_1_468 architecture-vintage-fashion-ideas

Beberapa busana yang mengambi Inspirasinya dari gaya Arsitektur sebuah gedung, source

Pada Tahun 2011 Maria Katrantzou juga menampilkan Fashion Architecture pada koleksi Spring Summer-nya. Bedanya adalah teknik penggambaran atau visualisasi arsitekturnya, jika pada sebelumnya saya mengambil contoh busana yang mengambil estetika dari sebuah gedung kali ini Maria menggunakan teknik digital printing. Maria mengatakan “With this collection, I wanted to put the room on the woman, rather than the woman in the room.”

MaryKatrantzouSS11cMaryKatrantzouSS11b.jpg.pagespeed.ce.D7cGsi6WxB

MaryKatrantzouSS11aMaryKatrantzouSS11

MaryKatrantzouSS11fMaryKatrantzouSS11d.jpg.pagespeed.ce.w-l3CpsnOE

Maria mencoba menampilkan Gedung arsitektur dan Interior yang cantik, source

Patrick Owen juga melakukan teknik yang sama pada karyanya dengan teknik digital printing, hanya konsep architecturenya yang berbeda. Inspirasinya diambil dari arsitektur zaman Victorian dengan berbagai gaya mulai dari grunge, playful, romantis hingga androgyni.

 

   6a0a4474991311e380231275875ebd20_8

Inspirasi gambar Arsitektur pada Zaman Victorian yang digunakan oleh Patrick Owen, source

patrick-owen-600x296

Patrick Owen7-001

Peragaan Busana Karya Patrick Owen di JFW 2014 , source

menarik sekali jika dibayangkan, kita dibawa masuk kedalam gambar-gambar arsitektur yang mengundang kita untuk berimajinasi jika kita berada ditempat itu. lalu sempat terlintas dipikiran saya menyadari bahwa Indonesia pun punya Fashion architecture bahkan sudah sejak dulu kita menerapkan itu ke dalam pakaian adat Indonesia. Contohnya adalah Rumah Gadang dan Baju adat minang milik suku minangkabau.

rumah-gadangtanduk_ameh_bintang_pelaminan_minangkabau

Rumah Gadang dan Baju Adat Minang, source

Baju adat Jawa pun pasti ada keterkaitan dengan bangunannya, seperti oranament-ornament yang ada pada baju dan rumah adatnya. Tak terkecuali juga di daerah lain di nusantara yang kaya akan budaya yang juga dapat menjadi Inspirasi dalam menciptakan sebuah karya. /rina

Leave a comment