Badut Fashion Show ?

Badut fashion Show, apa yang ada dalam bayangan anda ? apakah badut-badut yang jenaka itu berlenggang layaknya model di catwalk ?

kali ini saya akan mengangkat karya Sebastian Gunawan, Desainer Fashion Indonesia yang akrab dipanggil dengan nama Seba. Sebastian mengambil inspirasi dari badut sirkus klasik untuk ditampilkan pada Bazaar Fashion Concerto pada 2013 kemarin yang kebetulan menggunakan tema Fantasirkus.

Melihat karya Seba ini mengajak saya mundur ke belakang mengingat kembali pada kenangan masa kecil, melihat sirkus di Bali bersama keluarga.  bagaimana dengan anda ? apakah anda juga punya pengalaman menonton pertunjukan sirkus?

Seba menampilkan karyanya yang bertemakan Harlequin. Seba mencoba menampilkan badut klasik dengan ciri khasnya mengunakan kerah besar atau sering disebut kerah Gorgera, topi, hiasan kepala kincir angin. dan riasan wajah putih tebal serta bibir merah.

Spread_Seba BFC.indd

Karya Sebastian Gunawan, Harlequin source

 

Seba menggunakan teknik cutting busana klasik sampai modern seperti Draperi, One Shoulder, Flare, dan peplum. warna-warna yang banyak dia pakai adalah elemen warna-warna vintage seperti poster sirkus tempo dulu.  warna-warna tersebut dikombinasi oleh merah oranye, koral, merah muda, turtuoise, kuning oranye. Tak ketinggalan, warna-warna gelap seperti hitam, silver dan putih juga dihadirkan.

Spread_Seba BFC.indd

Spread_Seba BFC.indd

Source

kali ini Seba menampilkan 49 busananya yang lebih menekankan bentuk aktraktif dan kontruktif. Sedangkan material yang digunakannya antara lain gazaar, satin tafeta, sequin, tulle dan lace. Seba juga mencoba menampilkan bahan print dengan motif yang menampilkan ilustrasi sirkus dalam ukuran besar dan membuat busana warna hitam itu lebih menonjol.

Spread_Seba BFC.indd

Spread_Seba BFC.indd

source 

untuk mendukung Keseruan sensasi sirkus dalam karyanya, Seba menggandeng Willy Wahyudi pada bagian make up serta Frej yaitu Headpiece berupa kincir angin.

Spread_Seba BFC.indd

Spread_Seba BFC.indd

Rangkaian Imajinasi Jenaka yang mengagumkan. mungkin kita juga bisa mengambil Inspirasi Desain dari pertunjukan tradisional Indonesia, mungkin Janger juga bisa jadi Inspirasi 🙂

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s